Friday, November 22, 2013

Faktor Pemilihan Metode Penelitian Tugas Sosiologi Agama oleh KPI 1C 2013


BAB 1.  Pendahuluan


                Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa dan mengapa pilihan metode penelitian sosiologi tersebut banyak digunakan oleh KPI 1-C dalam mengerjakan tugas sosiologi agama. Metode penelitian sosiologi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif.
                Perbedaan metode kualitatif dan kuantitatif ialah, metode kualitatif mengutamakan bahan yang sukar dapat diukur dengan angka-angka atau dengan ukuran-ukuran lain yang bersifat eksak, walaupun bahan-bahan tersebut terdapat dengan nyata dalam masyarakat.
Karakteristik penelitian kualitatif dapat dikemukakan berikut ini.
  • Penelitian kualitatif bersifat alamiah (naturalistic)
  • Data penelitian kualitatif bersifat deskriptif, yakni data berupa kata-kata  dan gambar yang diperoleh dari transkripsi wawancara, catatan lapangan, foto,videotape, dokumen pribadi, dokumen resmi, memo, dan dokumen-dokumen lainnya.
  • Analisis data penelitian kualitatif cenderung secara induktif untuk memperoleh abstraksi dari keseluruhan data yang diperoleh.



                sedangkan metode kuantitatif menggunakan bahan-bahan keterangan dengan angka-angka,sehingga gejal-gejala yang diteliti dapat diukur dengan menggunakan skal-skala,  indeks,  tabel danformula-frmula yang semuanya itu sedikit banyaknya mempergunakan ilmu pasti atau matematika.

BAB 2.  Metodologi


                Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif.
Sumber data penelitian kualitatif dapat dibedakan atas:
(1)    subjek penelitian,
yakni sumber data, misalnya orang, yang aktif sebagai penghasil data (siswa, guru, pegawai kantor pos, camat, buruh pabrik, misalnya)
(2)    objek penelitian, yakni sumber data,
misalnya benda, yang berisi data (candi, novel, kumpulan puisi, surat pribadi, otobiografi, misalnya); dan
(3)    responden,
yakni orang yang merespon atau menjawab kuesioner atau angket yang diberikan peneliti saat mengumpulkan data.
       Dengan metode tersebut, peneliti berusaha mengembangkan konsep atau tema dengan memaparkan data berupa kata-kata dari responden sendiri yang diperoleh dari hasil wawancara.



BAB 3.  Temuan


Berikut  hasil temuan yang telah peneliti lakukan melalui wawancara:
                Sebagian besar responden memilih menggunkan metode kualitatif . Rata-rata jumlah narasumber yang digunakan dalam penelitian  kualitatif ±5  dengan jumlah pertanyaan ± 10. Berbagai macam alasan yang dikemukakan seperti tidak mengerti perhitungan presentase hasil kusioner, tidak membuang-buang waktu, lebih real, lebih memahami penelitian dan menyusun laporan dengan metode tersebut serta terbatasnya waktu penelitian.
                Namun ada juga beberapa responden yang menggunakan metode kuantitaif dengan alasan lebih praktis. Responden yang memilih metode kuantitatif , rata-rata jumlah narasumbernya  >5  orang dengan rata-rata pertanyaan >10.



BAB 4.  Kesimpulan


                 Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa metode penelitian kualitatif menjadi metode terbanyak yang digunakan oleh responden. Hal ini dikarenakan metode kualitatif dianggap lebih mudah dipahami dalam melakukan penelitian maupun penyusunan laporan.  Alasan-alasan seperti inilah yang sering dikemukakan responden.

BAB 5.  Daftar Pustaka


Bogdan, Robert C. dan Biklen, Knopp S. 1998. Qualitative Research in Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc. 
Soerjono soekanto.  Sosio Suatu Pengantar.  Edisi Keempat.  Rajawali pers Jkt.  1990



 BAB 6.  Identitas Narasumber

Dari uraian penelitian tersebut, responden berjumlah 24 orang. Yang terdiri dari:
1.      Jumlah responden yang berjenis kelamin laki-laki berjumlah 9.
2.      Responden berjenis kelamin perempuan berjumlah 15 orang.
3.      Reponden yang rata-rata berusia 17 tahun berjumlah 2 orang.
4.      Responden yang rata-rata berusia 18 tahun berjumlah 18 orang.
5.       Responden yang rata-rata berusia 19 tahun berjumlah 4 orang.                    
                                                                                                                               

No comments:

Post a Comment